Tahapan Pengolahan Air Limbah

Dalam setiap kehidupan manusia tentu cukup berkaitan erat dengan limbah yang banyak dihasilkan oleh manusia dalam kesehariannya. Limbah sendiri bisa didefinisikan sebagai hasil buangan rumah tangga atau industri yang mengandung banyak zat yang tak berguna dan bahkan berbahaya. limbah menjadi cukup berbahaya bila dihasilkan dari sisa industri, oleh sebab itu penting untuk melakukan instalasi pengolahan air limbah tersebut agar tidak mencemari lingkungan sekitar. Kerusakan alam tentu diakibatkan oleh banyaknya limbah yang tidak diolah secara baik.

Jika sebuah ekosistem telah mengalami kerusakan tentu manusia sendiri yang akan sangat dirugikan, apalagi makluk-makluk hidup lainnya yang mungkin saja bisa mati akibat tercemarnya lingkungan tempat mereka tinggal. pengolahan limbah baik dari rumah tangga atau industri memang patut untuk mndapatkan perhatian yang lebih karena air limbah tentu sangat berbahaya bagi seluruh makluk hidup di bumi.

Tahapan Pengolahan Air Limbah

Langkah Pengolahan Air Limbah

Dalam mengolah limbah khususnya limbah industri memang bukan perkara yang mudah, dibutuhkan beberapa tahapan supaya pengolahan air limbah tidak mencemari lingkungan sekitar. Berikut beberapa tahapan dalam pengolahan air limbah yang wajb diketahui.

  1. Pengolahan air limbah awal

Pada tahapan ini bertujuan untuk menghilangkan padatan serta minyak didalam sebuah limbah. didalam pengolahan air limbah tahap awal ini juga akan melibatkan adanya proses fisik.

  1. Pengolahan air limbah tahap pertama

Proses pegolahan limbah tahapa pertama memiliki tujuan yang hampir sama dengan proses pengolahan air limbah tahapa awal. hanya saja yang membedakan adalah dalam proses netralisasi, pemberian bahan kimia serta penyaringan.

  1. Pengolahan air limbah tahap kedua

Pada pengolahan air limbah tahap kedua ini bertujuan untuk menghilangkan zat yang terlarut didalam limbah, zat-zat tersebut biasanya tidak mampu terlarut hanya dengan proses fisik.

  1. Pengolahan air limbah tahapa ketiga

Pada tahapan ini proses yang dilakukan adalah dengan memisahkan limbah dan air secara kimia, sehingga akan mampu membersihkan air supaya dapat diserap dengan baik oleh tanah.

  1. Pengolahan air lumpur

Proses terakhir yang dilakukan adalah pengolahan lumpur, disini lumpur yang terbentuk merupakan hasil dari beberapa tahapan yang telah dilakukan sebelumnya kemudian diolah kembali dengan melalui proses wet combustion, vacuum filtration, drying bed dan landfill.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *