Pilih Kambing Kurban atau Sapi Kurban?

Berkurban merupakan salah satu hal yang diharuskan bagi setiap umat muslim yang mempunyai harta yang berlebih.

Berkurban sendiri dilaksanakan setiap tahunnya setelah melaksanakan solat ied pada idul adha. Biasanya orang-orang akan berkumpul di satu titik untuk melihat bagaimana proses penyembelihan, terutama untuk melihat langsung hewan yang dikurbankan disembelih.

Bisanya hewan yang disembelih untuk kurban adalah kambing kurban dan sapi kurban.

Sebab kedua hewan ini mempunyai daging yang cukup enak. Terlebih lagi sapi yang mempunyai daging yang cukup banyak karena bentuknya yang besar. Selain itu juga sapi tidak mempunyai aroma yang khas sehingga banyak orang yang menyukainya.

Berbeda dengan kambing yang sedikit mempunyai aroma khas tertentu tetapi orang masih banyak yang menyukai daging kambing.

Sapi dan kambing sering menjadi sorotan dimana keduanya mempunyai jumlah yang hampir saja yang sering digunakan sebagai hewan kurban terutama di Indonesia.

Perbandingan kedua hewan ini tentu tidak akan berpengaruh pada proses penyembelihan.

Baik itu jika menggunakan sapi kurban maupun kambing kurban akan sama saja nantinya dibagikan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Dengan diberikannya kepada orang yang lebih membutuhkan tidak akan meminta menginginkan daging sapi atau daging kambing.

Ketika sudah diberikan daging kurban mereka akan sangat merasa bersyukur diberi kesempatan untuk mencicipi daging kurban baik sapi maupun kambing.

 

Sapi yang mempunyai daging yang banyak tentu saja akan mempunyai harga yang sangat mahal, terlebih dagingnya juga enak. sedangkan kambing kurban meskipun mempunyai aroma yang cukup khas dan mempunyai daging yang lebih kecil, tetapi kambing ini mempunyai harga yang cukup lebih murah dari sapi. Harga satu ekor sapi bisa untuk membeli tujuh ekor kambing. Tetapi dalam berkurban ini, Allah tidak melihat dari harga hewan kurban yang dikurbankan. Allah hanya melihat dari niat dan keikhlasan yang akan berkurban, karena akan menyisihkan sebagian hartanya untuk membeli hewan kurban. Allah akan sangat senang apabila melihat hambanya dapat ikhlas menyisihkan hartanya untuk kepentingan agama. Jika ingin berkurban tidak perlu langsung melirik kepada sapi, tetapi kambing juga sudah cukup.

 

Berkurban yang diharuskan bagi yang mempunyai harta yang lebih tidak menutup kemungkinan apabila ada seseorang yang membeli dengan harga yang pas-pasan, karena tidak mempunyai uang yang cukup. Biasanya jika hal ini terjadi maka salah satu  pilihannya adalah kambing kurban. Berkurban tentu menjadi suatu hal yang baik yang sangat luar biasa menjadi sebuah amalan jika benar-benar ikhlas dalam menjalankannya. Dengan berkurban maka akan menjadi suatu amalan untuk hari akhir nanti, sehingga jika berkurban setiap harinya maka sama saja dengan menabung untuk hari akhir nanti. Allah juga senantiasa akan memberikan pahala bagi orang yang tulus menjalankannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *