Pendidikan Dini Pengolahan Air Limbah Pada Anak

Pencemaran lingkungan akibat limbah merupakan salah satu permasalahan serius yang dihadapi oleh Indonesia. Baik industri maupun rumah tangga kurang sekali dalam partisipasi pengolahan air limbah yang semakin lama membuat kondisi kerusakan lingkungan karena limbah meningkat dan memburuk. Salah satu penyebab hal itu terjadi adalah kurangnya kesadaran masyarakat sendiri akan pelestarian lingkungan. Maka, penanggulangan yang tepat adalah dengan mensosialisasikan pengolahan limbah semenjak dini terhadap anak agar mereka bertumbuh dengan kepedulian besar terhadap pencegahan kerusakan lingkungan akibat limbah.

Pendidikan Dini Pengolahan Air Limbah Pada Anak

Memberikan Pendidikan Tentang Limbah Pada Anak

Mengajari serta menjelaskan kepada anak perihal pengolahan air limbah tentu berbeda dengan memberikan definisi kepada orang dewasa. Anak perlu diberikan pengertian sesederhana mungkin agar mudah memahami dan kemudian ditunjang dengan praktek. Jelaskan pada anak tentang pengertian limbah dan dampaknya bila tidak diolah terlebih dahulu sebelum dibuang. Dengan demikian, dia akan tumbuh dewasa dengan memegang pedoman bahwa limbah harus melewati pengolahan terlebih dahulu agar tidak mencemari dan menimbulkan kerusakan lingkungan.

Selanjutnya, ajari pula anak untuk membuang sampah pada tempatnya, sesuai dengan jenis sampah tersebut. Saat ini, pemerintah telah menggalakkan penyediaan tempat sampah terpisah untuk sampah organik dan non organik, karena proses pengolahan air limbah dari keduanya pun berbeda. Jelaskan secara sederhana perbedaan kedua jenis sampah tersebut, lalu susul secara bertahap dengan sampah mana yang termasuk dalam kategori masing-masing. Mengajari anak tidak bisa dan tidak perlu tergesa, karena membutuhkan pengulangan secara berkala agar dapat diingat serta dipahami dengan tepat oleh mereka.

Kemudian, anak perlu juga diajarkan untuk mendaur ulang barang-barang yang masih dapat dimanfaatkan sehingga tidak perlu dibuang dan mengurangi volume limbah lingkungan. Contohnya botol plastik mineral besar yang dapat digunakan sebagai pot bunga di taman dengan sedikit modifikasi agar tampak cantik, atau memanfaatkannya sebagai media pengolahan air limbah sederhana untuk rumah tangga. Menurut penelitian, anak memiliki daya ingat yang lebih kuat dibandingkan orang dewasa. Sehingga, mengajarkan hal-hal di atas sejak dini pada mereka dapat tertanam kuat dalam ingatan untuk dipraktekkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *