Monyet Wolly, Monyet Berbulu Tebal Dari Amerika Selatan

Monyet wol termasuk spesies primata berukuran besar yang mendiami hutan tropis di barat laut Amerika Selatan. Monyet wol ini terkenal karena kepala berbentuk bundar dan bulu lebat yang menutupi tubuh monyet.

Monyet Wolly ditemukan di seluruh Kolombia, Ekuador, Peru, Brasil dan sebagian Venezuela dimana mereka menjalani gaya hidup arboreal. Monyet ini memiliki ekor prehensile yang panjang dan sangat kuat yang memungkinkan mereka menyeimbangkan tubuh dan mencengkeram cabang tanpa harus melepaskan tangan mereka.

Ada empat spesies monyet wol yang berbeda ditemukan di hutan Amerika Selatan saat ini. Ada monyet wol coklat (juga dikenal sebagai monyet wol biasa), monyet berbulu abu-abu, monyet wol Kolumbia dan monyet berbulu perak. Keempat spesies monyet wol yang berbeda ditemukan di wilayah yang sama di Amerika Selatan.

Monyet wol mendapatkan namanya dari bulunya yang lembut dan tebal yang melengkung yang berkisar dari coklat hingga hitam sampai abu-abu, tergantung pada spesies monyet berbulu tersebut. Monyet Wol memiliki tubuh yang relatif gempal, dengan bahu dan pinggul yang kuat.

Seperti banyak spesies primata lainnya, monyet berbulu hidup bersama dalam kelompok yang cukup besar yang dikenal sebagai tentara. Pasukan monyet berbulu wol tersebut berisi monyet berbulu jantan dan betina. Pasukan monyet wol juga diketahui berpisah menjadi kelompok yang lebih kecil saat waktunya mencari makanan.

Monyet wol adalah hewan omnivora, artinya memakan tanaman dan hewan lainnya. Buah adalah sumber makanan utama bagi monyet berbulu, tapi juga mereka akan memakan kacang-kacangan, biji-bijian, daun, bunga, nektar, serangga dan bahkan hewan pengerat kecil dan reptil.

Karena ukurannya yang relatif besar, monyet berbulu memiliki sedikit predator alami di dalam lingkungan hutan mereka. Burung pemangsa besar seperti elang, adalah predator utama monyet berbulu muda, dan wildcats seperti ocelot dan jaguar adalah pemangsa utama monyet wol dewasa. Manusia juga merupakan salah satu predator utama monyet berbulu wol karena mereka diburu untuk daging dan bulunya.

Monyet wol jantan alfa akan kawin dengan betina di pasukannya. Setelah hamil antara 7 dan 8 bulan, bayi monyet wool lahir. Monyet Wol cenderung hanya memiliki satu bayi pada satu waktu meskipun kembar telah diketahui terjadi. Bayi monyet wol menempel pada ibu di bagian bawahnya, sebelum memanjat ke punggungnya saat berusia sekitar seminggu. Bayi itu mandiri dan tidak lagi membutuhkan ibu saat berusia sekitar 6 bulan.

Karena penggundulan hutan, jumlah populasi monyet berbulu menurun secara drastis, dengan monyet berbulu wol sekarang dianggap sebagai spesies hewan yang rentan terhadap kepunahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *