Mengunjungi Museum-Museum Pribadi Terbaik di Yogyakarta

wisata jogja

Jogja kaya akan benda peninggalan sejaran yang tersimpan dengan baik di museum-museum yang ada di daerah ini. Tercatat terdapat 35 museum yang saat ini hadir di Jogja. Dari banyaknya museum yang ada, sebagian dari museum tersebut adalah museum milik perorangan atau yayasan. Museum tersebut bisa dikategorikan museum pribadi karena pembiayaannya tidak mengunakan uang negara. Museum pribadi tersebut mayoritas menyimpan benda-benda seni dan budaya. Museum tersebut antara lain Museum Affandi, Museum Batik Yogyakarta, Museum Ullen Sentalu, Museum Wayang Kekayon, Museum Budaya Tembi, dan masih banyak museum lagi. Kesemua museum tersebut menyimpan benda-benda bersejarah dan tak ternilai harganya. Berikut penjelasannya singkat kami mengenai museum-museum pribadi tersebut:

  1. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah sebuah museum yang dikelola oleh yayasan yang bernama Yayasan Ulating Blencong. Museum ini sangat populer di Jogja. Ullen Sentalu bahkan didaulat sebagai salah satu museum terbaik di Asia Tenggara. Koleksi dari museum ini berupa benda-benda peninggalan kerajaan Jawa yang ada di Solo dan Yogyakarta yaitu dari Keraton Yogyakarta, Karaton Surakarta, dan Pura Mangkunegaran. Ullen Sentalu menampilkan berbagai macam koleksi pribadi dari keempat kerajaan tersebut. Koleksi yang bisa disaksikan di museum ini antara lain: gamelan, foto keluarga raja, batik,lukisan, puisi, dan masih banyak lagi. Karena keunikannya dan nilai sejarahnya maka banyak wisatawan yang datang ke museum ini baik dari Indonesia maupun dari mancanegara.

  1. Museum Affandi

Museum pribadi selanjutnya adalah Museum Affandi. Museum ini di kelola oleh keluarga Affandi. Museum ini merupakan museum yang menyimpan berbagaimacam lukisan dan karya maestro lukis Indonesia, Affandi. Di Museum Affandi, wisatawan bisa menyaksikan karya-karya Affandi dari awal karirnya hingga akhir hayatnya. Lukisan-lukisan terbaik dari Affandi juga ditampilkan di museum ini. Selain lukisan, ditampilkan pula sketsa buatan Affandi dan benda-benda peninggalannya seperti mobil dan lain sebagainya. Di kawasan museum ini bisa dinikmati pula lukisan dari anak dan cucu Affandi. Wisatawan yang datang bisa juga menikmati pemadangan Sungai Gajah Wong yang mengalir di pinggir museum ini.

  1. Museum Tembi

Museum pribadi selanjutnya adalah Museum Tembi atau biasa disebut Tembi Rumah Budaya. Museum ini dikelola oleh Yayasan Rumah Tembi. Yang disimpan di museum ini antara lain Senthong Sentir (bilik atau kamar), berbagai macam senjata berupa keris, pedang dan tombak dengan berbagai jenis pamor, alat-alat dapur, tangguh, warangka, dan masih banyak lagi.

Demikian penjelasan singkat tentang museum pribadi  di Jogja. Jika Anda berminat datang ke museum tersebut dan menjadikannya sebuah paket wisata Jogja yang unik dan edukatif.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *