Menghilangkan Bau Akibat Mobil Terendam Banjir

Bagi warga jakarta, banjir mungkin menjadi hal yang lumrah sehingga sudah tidak asing lagi bila kita melihat di dalam berita dimana mobil-mobil warga terendam banjir. Akibat terendamnya mobil selain kadang menghancurkan mesin, namun yang tidak kalah menjengkelkan adalah kabin yang bau akibat terendam oleh air kotor yang terhisap dengan baik oleh kabin anda.

Memang ada orang yang langsung dengan segera membersihkannya agar baunya tidak nempel, tapi umumnya orang setelah terkena banjir akan merasa lelah bukan? Untuk melakukannya memerlukan waktu dan usaha yang perlu tenaga tidak sedikit. Membersihkan kabin anda setelah terendam banjir perlu dilakukan dengan seksama dengan cara-cara yang tepat bila tidak, bau akan tetap membandel.

AstraWorld, sebuah harian otomotif pada hari Rabu mengeluarkan sebuah artikel yang berisi tentang bagaimana membersihkan kabin anda dan menghilangkan bau akibat dari banjir. Menurut harian tersebut, yang pertama kali harus anda lakukan adalah memulainya pada area jok mobil. Lepaskanlah jok mobil dari mobil anda dan lepas juga sarungnya bila ada. Cucilah sarung joknya dengan memakai sikat yang lembut kemudian gunakan vakum untuk mengeringkannya.

Setelah sarung anda bereskan, mulailah membersihkan jok mobil juga tetap dengan menggunakan sikat yang lembut. Hal ini bertujuan untuk membuat pori-pori jok terbuka. Setelah itu gunakan kembali vakum kemudian jemur dibawah terik matahari supaya jok tersebut sampai kebagian dalamnya kering oleh sinar matahari.

Bila bagian jok telah selesai anda garap, berikutnya adalah karpet. Keluarkan semua karpet dari dalam mobil anda kemudian kembali gunakan sikat yang lembut untuk menyikatnya dengan dibantu sabun cair. Hal ini perlu dilakukan supaya kotoran-kotoran termasuk minyak yang kadang bercamur dengna oli dapat dihilangkan. Bila anda telah yakin karpet anda sudah bersih, bilaslah menggunakan air bersih. Gunakan kembali vakum anda dan keringkanlah sehingga benar-benar kering dan tidak lembab sebelum anda memasangnya kembali.

Nah ketika anda sedang menjemur karpet anda dibawah matahari, anda bisa mulai membersihkannya dengan menggunakan sabun kemudian air yang benar-benar bersih agar mobil anda terhindar dari karat. Kemudian anda jangan lupa juga untuk membersihkan daleman pintu. Anda dapat melakukannya dengan melepas doortrim secara hati-hati tentunya supaya pengunci dan bagian doortrim tidak patah. Bersihkan bagian ini dan pastikan tidak ada air yang tersisa di bagian dalam. Jika doortrim atau claim ternyata patah ketika anda mencoba melepasnya, gantilah dengan yang baru supaya dootrim anda tidak kendor sehingga menyebabkan bunyi ketika kendaraan anda melaju.

Terakhir, bila semua hal telah dikerjakan, pasang kembali semua bagian dengan baik. Memang biasanya semua hal ini biasa dilakukan oleh salon mobil. Tapi bila anda menggunakan jasa sewa mobil di Malang Batu misalnya, anda tentu tidak perlu pusing mengenai hal ini, apalagi Malang hampir tidak mungkin mengalami banjir seperti di Jakarta bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *