Cara Mengamankan Dedicated Server Anda dari Orang Jahil

Masalah keamanan sekarang muncul di semua bidang kehidupan terutama karena jumlah pelanggaran terus meningkat. Bahkan jika Anda memiliki server khusus, Anda tidak dapat memastikan bahwa data Anda cukup aman. Pelanggaran risiko selalu unggul tetapi dengan tindakan pencegahan keamanan yang tepat Anda dapat mengatur untuk meningkatkan keamanan server khusus Anda dan mempertahankannya pada saat itu. Beberapa kerentanan keamanan paling umum yang diderita oleh server khusus termasuk

Pelanggaran kata sandi. Meskipun sebagian besar bisnis memilih server karena keamanannya yang dikontrol ketat, peretas masih dapat membuat trik canggih untuk merusak atau menghancurkan data di akun hosting Anda.

Risiko malware adalah ancaman lain mengingat menginstal aplikasi di server itu mudah. Malware dapat menyalin bahkan database Anda yang paling rahasia dan sensitif yang membuat bisnis Anda berisiko.

Penolakan layanan atau serangan DoS juga dapat membuat server Anda gagal atau menjadikannya tidak tersedia melalui lalu lintas yang berlebihan. Sangat mungkin bagi komputer jahat untuk bekerja dalam kesatuan untuk memboroskan sumber daya perangkat keras melalui lalu lintas yang membanjiri ini merusak pengalaman pelanggan sah Anda.

Melihat kerentanan ini Anda bisa berakhir dengan berpikir bahwa sebenarnya tidak ada cara untuk mengamankan server Anda, tetapi memang ada sesuatu yang dapat Anda lakukan untuk mengencangkan keamanan server khusus Anda. Beberapa cara yang paling sederhana tetapi sangat efektif untuk mengamankan server Anda termasuk yang berikut ini.

Melaksanakan kebijakan kata sandi yang kuat

Anda harus mulai dengan memastikan bahwa Anda mengubah kata sandi segera setelah Anda mendapatkan server baru. Setelah kata sandi bawaan yang ditetapkan berjalan meningkatkan risiko Anda. Setelah mengubah kata sandi, Anda juga harus melakukan tindakan agar tetap terlindungi seperti menggunakan kombinasi angka acak, simbol dan huruf peka huruf besar untuk membuat kata sandi. Kata-kata yang secara langsung terkait dengan identitas Anda harus dihindari dan perubahan kata sandi dilakukan secara teratur.

Memindai dan menguji secara teratur

Server khusus lebih aman tetapi Anda harus berada di jari kaki sejauh keamanan berjalan. Penyedia hosting yang menawarkan pemindaian berkelanjutan dan tes untuk kerentanan kemungkinan akan menyelamatkan Anda dari serangan. Anda di sisi lain juga harus memeriksa perilaku tak terduga dan menguji perangkat lunak pada perangkat aman yang terisolasi sebelum Anda mengunggahnya di situs web Anda.

Mempertahankan basis data Anda

Ini adalah salah satu hal paling penting yang perlu Anda lakukan bahkan jika Anda memiliki server khusus yang bekerja untuk Anda. Lindungi database Anda dari injeksi SQL terutama ketika mengumpulkan informasi klien yang sensitif. Anda juga dapat meningkatkan keamanan dengan meminimalkan hak pengguna database memiliki dan menghapus data yang tidak lagi diperlukan atau tidak diinginkan. Interaksi antara pelanggan dan basis data Anda juga harus dihindari jika tidak diperlukan.

Memperbarui perangkat lunak secara teratur

Perangkat lunak yang kedaluwarsa adalah hal terakhir yang harus Anda miliki pada server khusus. Ini karena tidak ada patch keamanan, perlindungan, dan pembaruan yang diperlukan untuk mengamankan informasi Anda. Pastikan bahwa Anda menginstal versi baru perangkat lunak server khusus Anda kapan saja tersedia dan menggunakan pemindaian keamanan yang andal untuk tetap terlindungi dan diperbarui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *